Advertisement

Responsive Advertisement

Friday 11 January 2019

Rekrutmen MT STAR 2019

Aku membuka banyak website loker hingga akhirnya menemukan informasi kalau Danone sedang membuka peluang untuk Program Management Trainee STAR. Aku lupa nemuinnya di website loker yang mana satu, tapi dibawah ini adalah informasi yang baru saja aku temui dari Twitter:



Dan ini adalah informasi yang aku dapat dari website Danone mengenai beberapa FAQ (selengkapnya silahkan klik link websitenya) 
__________________________________________________________________________
How many management trainees are recruited each year?
It depends on the business needs. Historically, we recruit 40- 50 MT in various functions every year.
What are the benefits for me as an MT STAR?
Danone believes that you are special in your own unique talents. In MT STAR Program, you will be assigned in various meaningful projects and your creative ideas and initiatives will be highly welcomed. As a Danoner, you will have access to join various sports activities (Zumba, Body Combat, Yoga, Merpati Putih, etc.), free lunch at Danone Canteen, and Danone Clinic.
Is there any minimum GPA to apply?
We believe what’s more important is the culture fit; hence your GPA and educational background are no longer our essential requirements.
__________________________________________
Setelah baca FAQnya, ku merasa Danone sangat memudahkan. Dibagian tentang IPK, ku rasa ini satu-satunya loker yang tidak membatasi dengan angka di Transkip Nilai. Meski dimudahkan, tetap harus berusaha keras. Karna pelamarnya pasti ada banyak, bukan ga mungkin kalo mayoritas dari pelamar adalah lulusan Universitas ternama, Cumlaude pula. Maka, wajib untuk sangat serius menjalani setiap tahapan. Berikut adalah tahapan-tahapan yang akan dilalui oleh pelamar:


Sumber: Proses Rekrutmen untuk Leadership Development Program

Aku memutuskan untuk menjadi salah satu pelamar dari (mungkin) ribuan atau lebih pelamar lainnya.

15 September 2018, aku mendapat email dari My Harver setelah Sign Up.





15 September 2018, masih ditanggal yang sama, aku mendapatkan email dari My Harver lagi setelah mengisi beberapa pertanyaan yang diajukan. Semuanya dalam Bahasa Inggris, dan ada sebuah video yang mengawali setiap pertanyaan.  



20 September 2018, Danone sangat tepat waktu memberitahukan hasilnya, sesuai email sebelumnya. Unfortunately, ada kata "unfortunately" di email tersebut. Tepat seperti dugaan, walaupun aku sangat berharap dapat bekerja di Danone dan berhenti berharap diwaktu yang bersamaan karna rasanya yang akan diterima hanyalah orang-orang yang memiliki sangat banyak prestasi. Di lain sisi ku juga ga bisa memungkiri kalau keberuntungan seseorang juga dapat membawanya ke hal-hal yang terlihat mustahil.



16 November 2018, aku dikasih kesempatan satu kali lagi dan melanjutkan ke tahap Reasoning Test dan Video Interview. 


Persiapanku terlalu lama untuk tes dan interview ini, tepatnya adalah ku menunda tanpa mempersiapkan apapun, seperti belajar atau latihan interview di depan cermin. Ya, ini adalah kebiasaan buruk yang rasanya lebih mudah di lakukan, tapi harus siap pula menerima apapun hasilnya. Hingga tanggal 25 November 2018 sebelum pukul 23:59 baru ku selesaikan semua pertanyaan di tahapan ini. Untuk Reasoning Test, ada beberapa jenis pertanyaan yang tak pernah ku temukan sebelumnya. Tapi untungnya, diberikan contoh dan soal percobaan sebelum mengerjakan semua soal.

Sementara untuk Video Interview, ada dua pertanyaan berbahasa Inggris yang harus dijawab dengan bahasa Inggris pula. Aku lupa pertanyaannya apa, tapi sempat mengetik jawaban dulu sebelum merekamnya. Seingatku, jawabanku tidak sama persis dengan ketikan dibawah ini:

1. Well, why am I interest in joining danone MT Star. Because this is a big chance for my career. Danone is a multinational company, ofvcourse it will be great for my career. That was in my mind before, but after I got the email from danone team that i will continue this recruitment, i browsing about danone on internet , and I’m in love with danone vision. One planet, one health. Yes, danone is a perfect place to work, i can contribute to doing good for someone else, more people in this world. Cause danone mission is bringing health through food to as many people as possible. Danone isn’t just producing food then wap hands and whatever will happen to the customer. No! danone really care about health, danone formed to consider about every aspects that might affect all ecosystems. I hope everyone is danoners. I wish they all cares about health, all ecosystem, this planet. I’ve browsing bout danoners too anyway. I’m smiling when they're tell bout their experience in danone, all great experience. It’s describe that danone is a great place to work. It makes me more interest to joining Danone.

2. The most inspiring achievement is to be someone useful for others. Spread kindness and help many people. Danone, from the beginning was found to have achieved very inspiring achievements, producing healthy food.

(maaf untuk jawaban di atas bila ada kesalahan dalam penggunaan bahasa Inggrisnya)



Aku tahu Tes dan Interview yang ku jalani berjalan buruk, bahkan meyakinkan diri sendiri untuk tak berharap lagi mengenai hasil yang baik. Tapi, ntah sadar atau tidak, aku menunggu hasilnya. Hingga tanggal 3 December 2018, tak ada kabar baik.. maupun kabar buruk. 

4 Desember 2018, sebuah email menyampaikan kalau langkahku harus terhenti. Aku bukanlah kandidat yang memenuhi syarat untuk menjadi seorang danoners, walaupun ku sangat ingin sekalipun.



Tapi..
Ini adalah kegagalan yang paling.. apa ya sebutannya, berkesan(?) semacam sesuatu yang membuatku mengetahui hal yang tak pernah ku ketahui. Sebelumnya, aku hanya mengetahui nama DANONE ada di botol air mineral dan biskuit susu kesukaanku. Selebihnya, aku tak tahu apa-apa lagi. Dan setelah semua proses rekrutmen ini, ada perasaan layaknya mengidolakan sesuatu. 

Untuk menjalani setiap tahap, aku mencari tahu beberapa hal tentang Danone melalui internet. Awalnya, ku menjadi sangat ingin diberikan mukjizat untuk lulus MT STAR ini karna Danone adalah perusahaan multinasional yang bisa ku pamerkan bila ada yang bertanya dimana tempatku bekerja, aku hanya akan menyebut nama Danone dan tak perlu menjelaskan panjang lebar, karna orang lain pasti telah mengetahuinya, ya minimal pernah mendengar namanya.

Keinginanku membuncah saat menemukan artikel ini. Ada beberapa program yang sangat menarik, salah satu programnya dapat membuat karyawan Danone bekerja di semua kantor Danone di seluruh dunia, ini kesempatan yang sangat bagus untuk pekerja manapun (kecuali pekerja yang menghindari mutasi ke luar kota/negeri). Selain program-program yang menggiurkan, Danone juga sangat menghargai Danoners yang hamil beserta suami yang juga bekerja di Danone dengan memberikan waktu cuti yang ga nanggung-nanggung. Perusahaan impian yang sangat membahagiakan semua karyawannya. Setauku karyawan yang bahagia akan bekerja dengan baik untuk mempertahankan kebahagiannya pekerjaannya. Walaupun aku juga penasaran, apakah ada Danoner yang merasa tak nyaman disana sehingga berpura-pura serius melihat monitor komputer supaya dianggap kerja, padahal lagi liatin website loker dan berniat untuk resign.

Pada akhirnya aku sadar, yang membuatku sangat tertarik adalah ketika aku tahu visi dan misi Danone.

MISSION: 
"BRINGING HEALTH THROUGH FOOD TO AS MANY PEOPLE AS POSSIBLE." 

VISION: 

"Danone, One Planet. One Health"

Misi dan Visi yang sangat mulia, menurutku. Jadi, semua yang terlibat di Danone sangat beruntung. Mereka bekerja, dan disaat yang bersamaan mereka menjadi orang-orang yang baik. Sedari dulu, aku selalu memikirkan tentang sebuah perusahaan dimana aku akan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhanku sehari-hari. Tentang apa yang akan di produksi, apakah produknya akan bermanfaat atau berdampak buruk, dan hal-hal lainnya yang selalu ku pertimbangkan. Karna, ketika produknya buruk untuk kesehatan atau lingkungan, itu artinya aku terlibat dalam tindakan yang salah (walaupun secara tidak langsung sekalipun)

Aku kagum ketika mengetahui masih ada perusahaan yang tak sekadar mencari keuntungan, bahkan sangat peduli dengan ekosistem. Juga, kesehatan melalui makanan. Mengetahui ini saja sudah cukup menimbulkan perasaan haru bagiku. Dan, tak harus menjadi Danoners untuk ikut andil menyelamatkan bumi, bukan?!









23 comments:

  1. Thank you for sharing your experience with us. I wish you good luck with your future endeavours :)

    ReplyDelete
  2. wah aku juga sama lagi ngerjain yang test online itu tinggal tahap test interview dan ini buat yang mt star buat tahun 2020 , gak yakin bakal lolos soalnya kemampuan b.inggris gak terlalu lancar apalagi sebelumnya gak ngeduga pertanyaannya bakal pakai inggris semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiih lagi nyoba yang 2020? Wish you luck. Iya, bahasa Inggris semuanyaa.. Mesti banyak latihan dan keliatan meyakinkan di video ntar.

      Delete
  3. Kak tahap video interviw itu bagaimana, apa onlne interviw face to face ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tahap video interview yang aku jalanin di 2019, itu kita akan dikasi pertanyaan.. Dan dijawab dalam bentuk video. Ga face to face, kita cuma videoin jawaban kita,bahkan ada pilihan untuk videoin ulang sebelum diupload.

      Delete
    2. ini harus dihari yang samakah ? atau bisa besoknya ?

      Delete
    3. Iya. Setelah klik untuk mulai, harus diselesaikan. Tapi waktu itu ada pilihan untuk videoin ulang, berkali-kali. Tapi untuk batasan waktu dan batasan ngulangnya berapa kali, ku kurang tau hehe

      Delete
  4. Maaf saya mau nanya, itu pertanyaan kedua tentang pencapaian kita yg bisa menginsipirasi banyak org atau bagaimana ya ? Hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku lupa. Kalo ga salah ingat ya, itu pencapaian yang sangat menginspirasi jika bergabung dengan Danone. Eh gatau jg, lupaaaa. Sorry ya hehe

      Delete
  5. mbak pertanyaan dikirim lewat eamil atau pas di video

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika mulai sesi Online Recorded Video Interview, akan muncul pertanyaan, jawab langsung dengan rekaman video kita. Setelah upload, akan muncul pertanyaan berikutnya.

      Delete
  6. Kak, sebelum video itu ada test psikotes ya? Ada test numerikalnya kah? Dan apakah susah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, reasoning test. Ada yang menurutku lumayan ga gampang hehe, beberapa soal yang ku ga pernah nemu di psikotest sebelum ini. Tapi ad penjelasannya kok, dan dikasi soal percobaan. Selebihnya mirip soal psikotest yang umum kok.

      Delete
  7. thanks for your sharing miss syipri, keep spirit and don't give up!
    Allah is always by your side...

    ReplyDelete
  8. kak, saya lolos tes interview HR, kira2 ada tips khusus atau pernah tau pertanyaan apa yg bakal munculkah? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaah, lucky you. Ku bahkan belum sampai di tahap ini, jadi belum tau pertanyaan yang akan muncul :( Tapi ketika interview, harus menjawab dengan yakin dan ga lirik sana sini. Wish you luck!

      Delete
  9. Kak, seleksi pertama - Video Interview

    - Work Simulation Games

    - Personality Questionnaire

    - Cognitive Ability Test

    Itu dikerjain dlm satu waktu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang ku jalani waktu itu.. ngga dalam satu waktu, bertahap, dan jaraknya beberapa minggu.

      Delete
  10. Kak seleksi tahap awal pendaftaran banget apa ya? Kok waktunya 60 minutes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahap paling awal banget? Online test? yang setiap pertanyaan di awali tayangan video terlebih dahulu? Tayangan videonya beberapa menit, dan diberi waktu untuk menjawab. Cuma lupa banget ni tepatnya pertanyaannya gmn, lebih ke cara kerja dan menangani masalah gt.

      Delete
  11. Halo kak mau nanya, yang online assessment itu tes nya dibagi jadi apa aja ya? Terimakasih

    ReplyDelete