Advertisement

Responsive Advertisement

Friday 10 August 2018

PANGGILAN TES DAN INTERVIEW DARI PT. ASUS SERVICE INDONESIA (YANG TERNYATA PENIPUAN) ?

Beberapa tahun yang lalu, ku nyari lowongan kerja dimana-mana. Koran, nanya-nanya teman dan internet. Ada banyak situs yang isinya info lowongan kerja, ku buka semua dan kirim lamaran via email. Tak lama menunggu, hanya berjarak beberapa hari, ada sms dari nomor handphone yang tak ku kenal, isinya adalah imbauan agar ku mengecek email dari salah satu anak perusahaan Pertamina mengenai panggilan tes dan interview. Bahagia dong dipanggil sama perusahaan besar, apalagi sewaktu baca info lowongannya, kriteria kandidat yang dibutuhkan tidaklah rumit dan gajinya besar. Tapi ku mendadak putus asa ketika baca lampiran di emailnya yang menjelaskan bahwa setiap kandidat yang lulus, harus membayar biaya tiket ke jasa travel yang telah ditentukan oleh perusahaan. Ku ga ada duit untuk beli tiketnya, dan secara otomatis mengabaikan email ini. 

Tapi ku masih kepikiran, kesempatan sebagus ini mau dilewatkan begitu aja? mungkin ku hanya harus berusaha dan berkorban diawal, dan hasilnya akan baik. Ku penasaran, dan membuka website resmi perusahaan tersebut. Dan ketika klik "Karir". Muncul tulisan yang mirip seperti dibawah ini:

Sehubungan dengan maraknya aksi penipuan rekrutmen calon pegawai PT Geo Dipa Energi (Persero), kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses penerimaan calon pegawai yang mengatasnamakan PT Geo Dipa Energi (Persero).

Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang terjadi dan berharap informasi berikut dapat berguna:

  1. PT Geo Dipa Energi (Persero) tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar ataupun menunjuk biro perjalanan, perwakilan ataupun individu tertentu untuk melakukan pemesanan ataupun menerima pembayaran dalam bentuk apapun atas nama PT Geo Dipa Energi (Persero), baik untuk akomodasi berupa penginapan maupun transportasi darat, laut, maupun udara selama proses penerimaan pegawai berlangsung.
  2. Informasi resmi lowongan pekerjaan PT Geo Dipa Energi (Persero) hanya diumumkan melalui website ini dan notifikasi pengumuman melalui recruitment@geodipa.co.id.
  3. Jika Anda menemukan penipuan penerimaan pegawai yang mengatasnamakan PT Geo Dipa Energi (Persero), harap melaporkan hal tersebut beserta bukti yang mencurigakan ke pengaduan@geodipa.co.id.
  4. Berikut adalah beberapa contoh Informasi Lowongan Pekerjaan yang bukan diadakan oleh PT Geo Dipa Energi (Persero). 57480_PANGGILAN TES INTERVIEW PT PT GEO DIPA ENERGI (hoax)
Ku seketika merasa bersyukur karna ga punya duit untuk beli tiket. 

Ku mengalami kejadian yang sama beberapa tahun kemudian, ku mengirim lamaran kerja via email ke PT. Perusahaan Gas Negara. Ku mengira itu bukan penipuan karna alamat emailnya adalah pgn@asia.com, tidak menggunakan @yahoo.com ataupun @gmail.com. Tapi ku akhirnya tahu itu adalah penipuan ketika menerima email yang isinya juga memerintahkan untuk membayar tiket travel terlebih dahulu.

Baru-baru ini, untuk ketiga kalinya ku mengalami hal yang sama. Tapi yang terakhir, adalah penipu yang terjago nipu, hingga ragu kalo ku saat ini sedang ditipu atau malah sungguhan. Lihat alamat emailnya dibawah: 

rekrutmen@asus.co.id
See? @asus.co.id

Tapi lihat juga isi lampirannya:






Teknologi semakin canggih, pencari kerja pun semakin meningkat tiap tahunnya. Dan hal ini dianggap peluang oleh mereka yang jago IT tapi dimanfaatkan dengan cara yang salah. Cara mereka menipu semakin terlihat seperti sungguhan, yang awalnya terlihat abal-abal karna sumber info lowongan dari blogspot dan alamat email berakhiran yahoo dan gmail. Sekarang justru sumbernya adalah website dan alamat email yang terlihat profesional.

Ku ga kebayang, ada berapa banyak orang yang telah menjadi korban. Ku berharap kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang ga punya duit untuk beli tiket, maksudku semoga mereka juga sadar kalau menerima email panggilan kerja berbayar semacam itu adalah penipuan.Yang terpenting adalah, cek lagi website resmi perusahaan yang akan dilamar. Kalau di websitenya gada info yang membantu sama sekali, jangan pernah mau membayar hanya untuk tes dan interview yang belum pasti akan keterima juga.

Sejauh ini, menurut pengamatanku sebagai orang yang suka banget liat-liat loker, rata-rata (bahkan semua) perusahaan tidak memungut biaya untuk proses rekrutmen. Ada beberapa perusahaan yang lokasinya diluar kota, akan menjelaskan bahwa kandidat yang berada diluar kota bersedia untuk mengikuti tes di kota yang telah ditentukan dengan menanggung biaya sendiri, tapi tidak menunjuk jasa travel manapun.

No comments:

Post a Comment