Advertisement

Responsive Advertisement

Wednesday 21 June 2017

Garuda




Sebenarnya apa yang sedang terjadi di Indonesia sekarang? Terbentuknya dua kubu yang saling mempertahankan pilihannya ini, seperti tak akan pernah berakhir. 

Rakyat Indonesia seakan sedang berada di persimpangan jalan, dan tak satupun yang tahu pasti mengenai arah mana yang akan membawa mereka ke tempat tujuan perjalanan tersebut. Sehingga masing-masing dari mereka, dengan segenap ilmu yang dimiliki, memutuskan pilihan yang telah diyakini benar. Dan disitulah titik awal dimana mereka akan memiliki arah yang berbeda.

Sama halnya dengan Dasar Negara. Ku juga ga tau banyak mengenai apa, kapan dan siapa yang memulai ini. Mengapa Pancasila yang merupakan ideologi dasar negara, yang proses perumusannya telah di usahakan oleh para pejuang di masa lalu sebagai salah satu syarat negara yang merdeka tersebut justru menimbulkan pembahasan di masa sekarang?

Sebagian menginginkan Negara Khilafah, dan sebagian lagi mempertahankan Pancasila. Kemudian muncul beberapa perdebatan seperti dibawah:


A: "Dengan menjadikan Indonesia sebagai Negara Khilafah, akan menjadikan Indonesia lebih baik. Dan ini adalah anjuran Nabi Muhammad SAW."
B: "Ga ikut aturan Indonesia, keluar dari Indonesia sana."
A: "Ga ikut aturan Islam, keluar dari bumi sana."
B: "Ga nasionalis, intoleran."
A: "Di rezim ini tidak berpihak pada umat Islam, malah dituduh ga nasionalis dan intoleran."

Sedih rasanya. Ketika dulu rakyat Indonesia bersatu untuk memperjuangkan tanah air, sekarang ini justru dengan mudahnya menyarankan saudara sebangsanya untuk keluar dari Indonesia. Saling menyalahkan. Yang sebelumnya adalah teman, menjadi lawan debat. Bahkan yang tidak dikenal, menjadi seseorang yang dianggap salah karena ketidaksamaan pilihan.

Baru-baru ini ku liat postingan yang di share di media sosial, video reaksi para veteran melihat video mahasiswa yang bersumpah negara khilafah. Ya, mahasiswa yang telah melalui masa-masa sekolahnya dengan upacara di hari Senin dan mata pelajaran PPKN, Kewarganegaraan atau nama lainnya.

Veteran tersebut tidak setuju Pancasila digantikan. Karena mereka berjuang dengan bukan hanya satu golongan saja. Dan Pancasila sudah paling tepat untuk Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan yang sangat indah untuk dipahami.

 
Dari Wikipedia:
         
          "Mars Pancasila atau populer dikenal sebagai lagu Garuda Pancasila adalah lagu Indonesia yang ditulis oleh Sudharnoto. Lirik lagu ini berisi tentang kesetiaan segenap rakyat Indonesia kepada Pancasila sebagai satu-satunya ideologi atau falsafah Bangsa Indonesia."

Lirik   

Garuda pancasila
Akulah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu
Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju




No comments:

Post a Comment